Rabu, 14 Oktober 2020

6 Cara Menulis Copywriting Yang Benar

Cara Mudah Terbukti Berhasil Menulis Copywriting

1. Manfaat Copywriting

Ketika memiliki sebuah bisnis tentunya akan banyak sekali kompetitor yang muncul. Usaha yang dapat dilakukan untuk membedakan produk atau jasa yang kamu jual dengan produk dari kompetitormu maka kamu bisa menulis copywriting untuk produkmu. Copywriting dapat membantu untuk meningkatkan omset atau penghasilanmu karena memiliki manfaat sebagai berikut :
o Menyampaikan informasi sesuai kebutuhan konsumen
o Menarik perhatian konsumen
o Membuat calon pembeli tertarik dengan penyampaian pesan yang relevan
o Menyampaikan bagaimana produk atau jasa yang dijual dapat menyelesaikan masalah dari calon konsumen
o Mengarahkan konsumen untuk mengambil langkah selanjutnya (pembelian)

2. Anatomy Copywriting

1. Head Line
Headline dapat dikatakan sebagai factor penting dalam sebuah copywriting, karena sangat menentukan apakah calon pelanggan tertarik atau tidak dengan iklan yang Anda buat.
2. Body
· Alasan : berikan alasan kenapa calon pelanggan harus membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan
· Promosi : berikan penawaran yang dapat membuat calon pelanggan tertarik, sebagai contoh Anda dapat memberikan diskon.
· Bonus : berikan bonus untuk pembelian produk atau jasa yang ditawarkan sehingga calon pelanggan semakin tertarik.
· Penawaran Ekslusif : bagi sebagian orang mendapatkan penawaran eksklusif merupakan hal yang sangat penting.
· Garansi : berikan garansi untuk meyakinkan calon pelanggan untuk mempermudah dalam membuat keputusan.

3. Closing
a. Call to Action : Pesan yang ingin Anda sampaikan harus tersampaikan dengan baik kepada calon pelanggan. Berikan sebuah perintah untuk calon pelanggan dapat membuat keputusan untuk melakukan langkah selanjutnya.

b. Scarcity / Keterbatasan : ketika Anda menawarkan suatu produk atau jasa berikan batasan waktu atau penawaran atau promo agar calon konsumen cepat dalam membuat keputusan.

3. 30 Kata yang Menggugah Emosi

Penggunaan kata-kata yang tepat berperan penting dalam penulisan copywriting. Berikut ini merupakan 30 kata yang dapat digunakan dalam menulis copywriting agar dapat menggugah emosi calon pembeli :
1. Anda
Dalam proses penulisan copywriting kamu harus membayangkan sedang berbicara dengan orang lain dan jangan pernah menulis dengan berasumsi sendiri.
2. Karena
Beri pelanggan alasan untuk segera membeli produk atau jasa yang ditawarkan. Perhatikan juga sasaran pelanggan untuk menentukan alasan yang tepat dalam menawarkan produk.
3. Gratis
Setiap orang tentunya tertarik dengan penawaran gratis. Oleh karena itu, dalam menjual suatu produk kamu harus menyiapkan sesuatu yang bisa dikorbankan untuk diberikan secara gratis untuk memancing calon konsumen membeli produk kita.
4. Nilai
Buatlah seolah-olah pelanggan mendapatkan sesuatu setelah membeli produk atau jasa yang ditawarkan.
5. Garansi
Dengan memberikan garansi kepada calon pelanggan akan membuat mereka merasa aman terhadap kemungkinan resiko yang akan dihadapi. Garansi menjadi ikatan antara penjual dan pembeli.
6. Luar Biasa
Setiap orang cenderung lebih tertarik ketika ditawarkan suatu produk yang luar biasa, sama hal nya dengan penggunaan kata “Gratis” penggunaan kata “Luar biasa” pun dapat membuat pembeli lebih tertarik.

7. Mudah
Dengan membuat langkah mudah dalam penggunaan produk atau jasa akan membuat calon pelanggan menjadi lebih penasaran dan tertarik membeli produk atau jasa yang ditawarkan.
8. Temukan
Menciptakan hal baru untuk membuat pelanggan penasaran dan ingin mencoba hal tersebut.
9. Sekarang
Penggunaan kata “sekarang” akan memotivasi pelanggan untuk membuat keputusan saat itu juga.
10. Include
Dengan menyampaikan kepada pelanggan bahwa produk atau jasa yang dibeli sudah termasuk kebutuhan penting lainnya akan membuat calon pelanggan semakin tertarik.
11. Tidak Lagi
Menunjukkan kepada pelanggan tentang keuntungan negative. Bagaimana bisa ada keuntungan negative ? penggunaan kalimat “Anda tidak perlu khawatir” “Anda tidak akan lagi membayar…” sudah termasuk kedalam penggunaan kalimat keuntungan negative.
12. Terbaru
Sampaikan kepada calon pelanggan bahwa produk atau jasa yang ditawarkan merupakan produk terbaru dibidangnya.
13. Hemat
Setiap orang tentunya selalu berusaha untuk menekan pengeluarannya, atau dengan kata lain berhemat sebanyak mungkin. Jadi tekankan kepada calon pelanggan bahwa dengan membeli produk atau jasa yang ditawarkan mereka akan menghemat sekian rupiah.
14. Terbukti
Tunjukkan sebuat riset atau testimony dari pelanggan sebelumnya yang telah membuktikan bahwa produk atau jasa sudah terbukti kualitasnya.

15. Aman dan Efektif
Penggunaan kata-kata ini berguna untuk meminimalisir persepsi negative tentang risiko dan kerugian.

16. Tepat Guna
Beritahu calon pelanggan bahwa produk atau layanan yang ditawarkan benar-benar tepat guna bagi mereka.

17. Nyata
Hampir sama dengan penggunaan “Terbukti”, calon pelanggan membutuhkan sesuatu yang nyata sebagai pendorong untuk memutuskan membeli produk atau jasa yang ditawarkan.

18. Rahasia
Sampaikan rahasia dari produk atau jasa mengapa dapat menjadi solusi kepada calon pelanggan. Karena setiap orang sangat tertarik jika diberitahu sebuah rahasia.

19. Solusi
Tunjukkan bahwa produk atau jasa yang ditawarkan benar-benr dapat dijadikan soluso dari masalah yang dimiliki pelanggan.
20. Instan
Tunjukkan kecepatan akses atau kesigapan pelayanan dari team karena setiap pelanggan umumnya sangat menyukai sesuatu yang terlihat instan.
21. Bagaimana
Tunjukkan kepada calon pelanggan bagaimana produk atau  jasa yang ditawarkan dapat menyelesaikan masalahnya.
22. Gengsi
Tunjukkan kepada calon pelanggan bahwa dengan menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan mereka akan mendapatkan gengsi yang tinggi.

23. Eksklusif
Tunjukkan bahwa produk atau jasa merupakan hal yang istimewa jika di bandingkan produk kompetitor lainnya.
24. Disebabkan oleh
Analisa dengan cermat problem calon pelanggan dan berikan alasan kenapa hal tersebut dapat terjadi. Hal ini akan membuat kita terlihat “smart” dan otomatis calon pelanggan pu akan lebih percaya.
25. Lebih
Pastikan calon pelanggan mengetahui kelebihan dari produk atau jasa yang ditawarkan.
26. Tawar-Menawar
Berikan kesempatan bagi calon pelanggan untuk melakukan penawaran, bisa berupa penawaran harga, fitur, atau garansi. Budaya orang Indonesia adalah menyukai tawar-menawar, dan ingin memperoleh lebih. Jadi berikan itu kepada mereka.
27. Tidak Ada Kewajiban
Hal ini untuk memastikan kepada calon pelanggan bahwa setelah menggunakan produk/jasa yang ditawarkan, mereka tidak ada beban atau tanggungan lagi.
28. 100% Garansi Uang Kembali
Semua orang menginginkan suatu kenyamanan dalam bertransaksi. Salah satunya yaitu jaminan uang kembali apabila terjadi hal yang tidak diinginkan pada barang yang dibeli. Namun, garansi ini hanya diberikan ketika kamu yakin bahwa produk atau jasa yang ditawarkan benar-benar berkualitas.
29. Discount Besar
Buat diskon yang besar dan penawaran yang tinggi sehingga calon pelanggan tidak sanggup lagi mengelak untuk tidak membeli.
30. Kekayaan
Setiap orang menginginkan menjadi kaya. Jadi tunjukkan bahwa produk atau jasa yang ditawarkan bisa mendukung keinginan calon pelanggan.

4.    10 Headline yang Teruji Manfaatnya

1. Benefit Headline
Headline ini lebih mengutamakan sisi keuntungan baik ekonomis maupun psikologis bagi pembaca dan bisa digunakan pada media offline dan online.
2. Menawarkan Cara Cepat dan Mudah
Headline seperti ini menawarkan sebuah solusi konkrit yang menjadi nilai jual sebuah produk. Karenanya cocok untuk produk kesehatan, pengembangan diri, jasa, atau produk lain yang menawarkan kemudahan dan kecepatan dalam menyelesaikan masalah calon pembeli. Untuk lebih memperkuat daya tarik headline ini, Anda dapat menggunakan angka.
3. Selective Headline
Headline jenis ini baik digunakan untuk Target Market atau Kalangan TERTENTU.
4. Curiosity Headline
Headline jenis ini digunakan untuk membuat orang lain PENASARAN dengan penawaran Anda.
5. Gimmick Headline
Headline jenis ini cenderung menggunakan PERMAINAN KATA dan KALIMAT berupa pengulangan bunyi, keterkejutan, atau tipuan.
6. Fear Headline
Headline jenis ini bisa digunakan untuk MENAKUT-NAKUTI pembaca, sehingga mereka benar-benar takut dan akhirnya menerima tarawan Anda. Fear Headline cocok digunakan untuk mendapatkan kepas4an hidup, keamanan, dan kesehatan bagi pembacanya.
7. Question Headline
Headline jenis ini menggunakan PERTANYAAN kepada pembaca agar mereka menjawab dalam hanya. Headline ini berfungsi untuk membangun awareness, brand, dan kedekatan dengan pembaca. Dalam menuliskannya Anda harus menggunakan pertanyaan terbuka agar pembaca menjawab Ya atau Tidak, Sudah atau Belum, Bisa atau Tidak bisa.
8. Quotation Headline
Ketika membuat headline ini Anda MENCANTUMKAN KATA-KATA dari orang lain, misalnya ucapan seseorang, testimoni pelanggan, kutipan buku, ayat dalam kitab suci, endorsement tokoh, dll.
9. Command Headline
Headline jenis ini menggunakan KALIMAT PERINTAH atau mengajak orang untuk melakukan sesuatu.
10. Claim Headline
Pada penulisan claim headline ini anda mengaku, mengklaim, atau menyatakan sesuatu secara sepihak.

Sebelum menulis copywriting anda harus mengetahui 5 kunci sebagai berikut :
1. Ketahui siapa target market
2. Ketahui apa yang menjadi kegalauan mereka
3. Ketahui apa yang membuat mereka melakukan take action
4. Ketahui topic apa yang membuat mereka tertarik
5. Ketahui bagaimana produkmu membantu mereka
Berikut ini merupakan tips dan trik dalam menulis copywriting :
1. 1 Paragraf satu pesan
2. Tulis dalam poin-poin
3. Gunakan Penekanan kata secara bijak
4. Gunakan Bahasa yang sama dengan audience anda
5. Tulis seperti anda sedang berbicara dengan orang tersebut.
6. Jika ada diskon, tuliskan jumlahnya
7. Jelaskan secara spesifik mengenai produk yang ditawarkan
8. Gunakan pesan yang Diulang-ulang
9. Gunakan sepatu mereka, maksudnya posisikan diri sebagai pembeli. Tulislah copywriting dari sudut pandang calon pembeli.

6. 7 Teknik Menulis Copywriting



1. Story Copy
Buatlah copywriting seolah-olah Anda sedang bercerita, namun dalam cerita tersebut selipkan penawaran.

2. Hiperbolic Copy
Teknik hyperbolic copy ini menggunakan kalimat yang dilebih-lebihkan.

3. Teaser Copy
Teaser copy merupakan sebuah copywriting yang memberikan tantangan ataupun godaan kepada calon pelanggan.

4. News Page Copy
News Page Copy yang terlihat seperti surat kabar dan mencakup pengumuman mengenai produk Anda.

5. Competitive Copy
Competitive copy memberikan hasil atau perbandingan competitive dengan produk yang ditawarkan oleh kompetitor.

6. Factual Copy
Dalam copywriting jenis ini diberikan fakta-fakta actual mengenai produk yang ditawarkan.

7. Humourus Copy
Jenis copywriting yang mengandung humor didalamnya.

Related Posts

Ad Placement